PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP SENYAWA HIDROKARBON SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI STRATEGI PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

0743023028, Joni Saputra (2012) PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP SENYAWA HIDROKARBON SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI STRATEGI PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
bab 1 fix.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2 fix.pdf

Download (370Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3 fix.pdf

Download (363Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4 fix.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (356Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5 fix.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. COVER DALAM.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. SANWACANA.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MOTTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PENGESAHAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (3807b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (83Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 13 Bandar Lampung terlihat bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Pada proses pembelajaran ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dengan pembelajaran konvensional. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ada tidaknya perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep senyawa hidrokarbon antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dengan pembelajaran konvensional, (2) rata-rata nilai penguasaan konsep senyawa hidrokarbon manakah yang lebih tinggi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen 1 dan 30 orang siswa kelas X7 sebagai kelas eksperimen 2. Desain penelitian yang digunakan adalah The Matching-Only Posttest-Only Kontrol Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan penguasaan konsep senyawa hidrokarbon siswa antara pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dan pembelajaran konvensional dan (2) rata-rata penguasaan konsep senyawa hidrokarbon siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing lebih tinggi dari pada rata-rata penguasaan konsep siswa pada materi senyawa hidrokarbon dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing, pembelajaran konvensional, penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:09
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir