EKSISTENSI MANAJEMEN PERGURUAN TAMANSISWA CABANG TELUKBETUNG (STUDI KASUS DI TAMAN MADYA)

, Suryono SW (2011) EKSISTENSI MANAJEMEN PERGURUAN TAMANSISWA CABANG TELUKBETUNG (STUDI KASUS DI TAMAN MADYA). Masters thesis, Fakultas KIP.

[img] Text
final tesis.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3417Kb)

Abstrak

Fokus penelitian meliputi aspek fungsi manajemen, pemahaman dan pelaksanaan Prinsip Dasar Tamansiswa dan Tri Pusat Pendidikan sebagai ajaran Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan mendiskripsikan perencanaan pendidikan, pengorganisasian, pelaksanaan manajemen, pengawasan dan evaluasi Taman Madya Perguruan Tamansiswa Cabang Teluk Betung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian diperoleh dari dua sumber, yakni peneliti dan 42 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara : (1) wawancara, (2) observasi terhadap perilaku (informan) dan (3) manajemen sekolah. Analisis data dilakukan melalui (1) analisis teoritik, (2) analisis hasil wawancara, (3) analisa hasil observasi dan analisis dokumentasi. Selanjutnya setelah data di analisis, dilakukan penarikan kesimpulan sebagai temuan penelitian. Untuk memperoleh keabsahan data temuan, dilakukan uji kredibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Mekanisme perencanaan mengacu pada Pola kerja dan Garis Besar Program Kerja, (2) Pengorganisasian bentuk lini dan tetap mendasarkan diri pada asas kekeluargaan dan demokratis serta menghargai pelaksana yang lebih senior, (3) Pelaksanaan program kegiatan secara otonom dan keuangan secara sentralistik oleh Majelis Cabang, (4) Pengawasan dan evaluasi dilaksanakan oleh Ketua Bagian, Pengurus Majelis Harian dan Pengawas Sekolah ekstern, (5) Prinsip dasar dan asas Tamansiswa serta Tri Pusat Pendidikan ajaran Ki Hadjar Dewantara masih menjadi pedoman pelaksanaan manajemen sekolah. Selain itu faktor penting pengelolaan manajemen di Taman Madya Perguruan Tamansiswa dapat berjalan dan tetap eksis hingga saat ini para pelaksana bekerja dengan dedikasi, loyalitas tinggi dan mengabdi dengan ikhlas. Dari hasil penelitian, disarankan kepada (1) Majelis Harian Cabang dan Ketua Bagian Taman Madya dalam penyusunan perencanaan agar peranan Komite Sekolah dapat ditingkatkan sejak penyusunan Pola Kerja dan Program Kerja. Selain pengelolaan secara sentralistik masih dapat dipertahankan dan memberikan tanggung jawab dan kewenangan kepada Ketua Bagian sebagai satuan pendidikan terutama dalam pengangkatan dan peningkatan professional pamong dan karyawan, (2) Dinas Pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah swasta khususnya di Perguruan Taman siswa perlu dipertimbangkan dan dikaji lebih lanjut ajaran Ki Hajar Dewantara tentang Prinsip Dasar dan asas Tamansiswa dan Tri Pusat pendidikan.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Library Unila
Date Deposited: 10 May 2014 06:02
Last Modified: 10 May 2014 06:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item