PENGARUH ASAM SALISILAT TERHADAP LAJU RESPIRASI DAN AKTIVITAS ENZIM DEHIDROGENASE PADA BUAH NON KLIMAKTERIK JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SELAMA PROSES PEMATANGAN

0717021031, Dita Fitriani (2015) PENGARUH ASAM SALISILAT TERHADAP LAJU RESPIRASI DAN AKTIVITAS ENZIM DEHIDROGENASE PADA BUAH NON KLIMAKTERIK JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SELAMA PROSES PEMATANGAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
0717021031-ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0717021031-kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0717021031-pendahuluan.pdf

Download (37Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asam salisilat (asam 2- hidroksilbenzoat) terhadap laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase pada buah jeruk nipis selama proses pematangan, serta menentukan hubungan antara laju respirasi dengan aktivitas enzim dehidrogenase selama proses pematangan. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi FMIPA selama bulan Maret 2011. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial 2 x 2. Faktor A adalah waktu pengamatan yaitu hari ke 4 dan hari ke 8, dan faktor B adalah asam salisilat. Setiap perlakuan diulang 8 kali. Parameter dalam penelitian ini adalah laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase buah jeruk nipis pada 4 hari dan 8 hari setelah perlakuan. Analisis ragam pada taraf nyata 5% menunjukkan bahwa waktu pengukuran berpengaruh nyata terhadap laju respirasi buah jeruk nipis, semakin lama waktu pengukuran maka laju respirasi akan semakin tinggi. Uji F pada taraf nyata 5% menunjukkan perbedaan yang nyata antara laju respirasi buah jeruk nipis yang diberi perlakuan asam salisilat, dimana laju respirasi buah jeruk nipis 8 hari setelah perlakuan (8HSP) lebih tinggi dibanding laju respirasi buah jeruk nipis 4 hari setelah perlakuan (4HSP). Pada buah jeruk nipis yang diberikan perlakuan asam salisilat, aktivitas enzim dehidrogenasenya meningkat pada 8 hari setelah perlakuan (8HSP). Sedangkan pada kontrol, aktivitas enzim dehidrogenasenya tetap. Korelasi antara laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase pada buah jeruk nipis bersifat kuadratik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Dec 2015 05:26
Terakhir diubah: 22 Dec 2015 05:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16064

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir