Sulaiman, 1113041065 (2015) KONFLIK DALAM NOVEL REVOLUSI DARI SECANGKIR KOPI KARYA DIDIK FOTUNADI DAN KELAYAKANYADALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (299Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (254Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (518Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konflik sebagai elemen alur dalam novel Revolusi dari Secangkir Kopi dan kelayakanya sebagai alternatif bahan ajar di SMA, serta menentukan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dan data yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah konflik-konflik (konflik manusia dengan dirinya sendiri (konflik batin), konflik manusia dengan manusia, konflik manusia dengan masyarakat, dan konflik manusa dengan alam) yang terjadi pada setiap tokoh yang terdapat pada novel Revolusi dari Secangkir Kopi karya Didik Fotunadi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang terdapat dalam novel Revolusi dari Secangkir Kopi karya Didik Fotunadi adalah konflik manusia dengan dirinya sendiri, konflik manusia dengan manusia, dan konflik manusia dengan masyarakat. Konflik dalam novel Revolusi dari Secangkir Kopi layak dijadikan bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran yang berkitan dengan konflik terdapat pada kelas XII, yaitu Memahami dan mampu membuat tanggapan kritis (dalam bentuk tulisan) terhadap suatu karya sastra (puisi, cerpen, novel, dan naskah drama) dengan mengaitkan antarunsur dalam karya sastra untuk menilai karya sastra. Konflik dalam novel Revolusi dari Secangkir Kopi layak dijadikan bahan ajar pembelajaran karena telah memenuhi tiga aspek dalam pemilihan bahan ajar yakni, aspek bahasa, psikologi, dan latarbelakang budaya. Kata Kunci: bahan ajar, konflik, novel.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 9397789 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2015 07:18 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2015 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16107 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |