PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG MENERAPKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011/2012

, MARIANI S. (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG MENERAPKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011/2012. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TESIS.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI UJIAN TESIS.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1076Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PKn antar model pembelajaran yang digunakan (group investigation dan reciprocal teaching) dan antar kemampuan awal belajar siswa di kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bandar Lampung, (2) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model group investigation dan reciprocal teaching siswa di kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bandar Lampung, (3) perbedaan antara model pembelajaran yang digunakan dengan tingkat kemampuan awal belajar siswa, (4) model pembelajaran mana yang lebih efektif antara model pembelajaran group investigation dan reciprocal teaching untuk mata pelajaran PKn. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelas yang berbeda. Satu kelas menggunakan pembelajaran Group Investigation dan satu kelas lainnya menggunakan model reciprocal teaching dengan memperhatikan kemampuan awal belajar siswa. Rancangan yang digunakan yaitu 2 x 3 dan analisis data menggunakan varian dua jalur dengan dengan desain faktorial dan analisis efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan tingkat kemampuan awal belajar siswa, (3) terdapat interaksi yang sangat kecil antara model yang digunakan dan tingkat kemampuan awal belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar, dan (4) pembelajaran reciprocal teaching lebih efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran group investigation dan pembelajaran reciprocal teaching dengan memperhatikan kemampuan awal belajar siswa dan (2) model pembelajaran reciprocal teaching lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn daripada model pembelajaran group investigation. Kata Kunci : model pembelajaran group investigation, reciprocal teaching, efektifitas.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Library Unila
Date Deposited: 20 May 2014 01:23
Last Modified: 20 May 2014 01:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item