PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NIAT BELI ULANG (Studi Pada RM Rumah Kayu Bandar Lampung)

0611011034, Agus Mujianto PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NIAT BELI ULANG (Studi Pada RM Rumah Kayu Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0611011034-kesimpulan.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0611011034-abstrak.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0611011034-pendahuluan.pdf

Download (102Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Manusia mempunyai macam-macam kebutuhan, berjenjang dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. salah satu contoh kebutuhan primer adalah makanan dan minuman. Karena pentingnya makanan bagi kebutuhan manusia, saat ini makanan dan minuman telah menjadi komoditas perdagangan. Banyak pengusaha, baik yang besar sampai yang kecil, yang menggeluti bidang ini karena diyakini kebutuhan manusia a¬¬¬kan makanan tidak akan pernah habis. Usaha rumah makan merupakan gabungan dari penawaran produk dan jasa, dimana barang dan jasa ditawarkan secara proporsional. Bauran pemasaran pada bidang ini mencakup 7P, yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidenc, dan process. Salah satu rumah makan yang menerapkan konsep bauran pemasaran adalah RM Rumah Kayu. Masalah yang dihadapi adalah dengan banyak munculnya usaha – usaha rumah makan, RM Rumah Kayu menghadapi persaingan yang tidak mudah, masalah ini terlihat dari jumlah pengunjung yang pada tahun 2010 cenderung berfluktuasi. Dalam bisnis ini tidak semua rumah makan dapat bertahan dalam persaingan. Ditambah lagi dengan kebiasaan dan gaya hidup konsumen yang cenderung berubah- ubah, khususnya dalam mengkonsumsi makanan. Berdasarkan masalah tersebut, pokok permasalahan yang dibahas adalah “apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen pada RM Rumah Kayu” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja bauran pemasaran yang ada pada RM Rumah Kayu serta pengaruhnya terhadap niat beli ulang konsumen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ”bauran pemasaran berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen RM Rumah Kayu”. Populasi yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah makan di RM Rumah Kayu. dengan menggunakan metode convenience sampling, dan setelah dilakukan perhitungan, sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Nilai R2 (R square) sebesar 0,405 atau 40,5%. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (bauran pemasaran) terhadap variable dependen (niat beli ulang) sebesar 40,5% sedangkan sisanya sebesar 59,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Secara parsial dapat diketahui bahwa variabel produk(x1), orang(x5), pendukung fisik(x6), dan proses(x7) berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen pada RM Rumah Kayu Bandar Lampung. Sedangkan harga(x2), saluran distribusi(x3), dan promosi(x4) tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen pada RM Rumah Kayu Bandar Lampung. Dan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen adalah pendukung fisik(x6) karena dinilai dapat memainkan peran penting untuk meningkatkan niat beli ulang konsumen. Sebaiknya RM Rumah Kayu dapat meningkatkan kinerjanya, dan harus lebih memperhatikan harga, saluran distribusi dan promosi yang diterapkan, karena jika hal tersebut lebih ditingkatkan , diharapkan volume penjualan RM Rumah Kayu akan lebih maksimal.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:24
Terakhir diubah: 08 Jan 2016 09:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir