0913031026, AGUSTINA DAMAYANTI (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP UTAMA 3 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (281Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (321Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Utama 3 Bandar Lampung menunjukkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung tergolong rendah. Dalam kegiatan belajar mengajar banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lmapung semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif verifikatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung sebanyak 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yang menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Hasil ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple diperoleh R = 0,491 dan R Square (R2) = 0,242 atau 24,2%. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah sebesar 24,2% dan sisanya sebesar 75,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini yaitu. 1. Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Jika minat belajar yang dimiliki siswa itu rendah maka akan rendah pula hasil belajarnya. Sebaliknya, apabila minat siswa terhadap suatu pelajaran tinggi maka akan tinggi pula hasil belajarnya. 2. Ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Jika lingkungan belajar di sekolah baik dan kondusif maka hasil belajar yang diperoleh akan tinggi. Sebaliknya, apabila lingkungan belajar di sekolah kurang baik dan kondusif maka hasil belajar yang diperoleh juga kurang baik atau kurang tinggi. 3. Ada pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Jika minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah baik maka hasil belajar yang diperoleh siswa akan baik. Sebaliknya, jika minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah kurang baik, maka hasil belajar yang diperoleh siswa juga kurang baik.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 11 Jan 2016 05:07 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2016 05:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16942 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |