1013112011, SRI PIAH (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA KELAS VIII.E DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SMP NEGERI I SUKOHARJO TAHUN 2012 / 2013. Digital Library.
|
File PDF
1.COVER.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9.MOTTO.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (323Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Hasil observasi pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo memiliki karakteristik aktivitas dan penguasaan konsep yang relatif rendah. Selama proses pembelajaran, keterlibatan siswa masih kurang, siswa masih pasif serta guru kurang variasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang efektif melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penilaianan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep Biologi kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi untuk menyusun tindakan selanjutnya. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tehnik pengambilan data aktivitas dilakukan pada saat proses belajar dan dianalisis dengan observasi penguasaan konsep dilakukan dengan tes setiap akhir siklus menggunakan soal pilihan jamak dan dianalisis dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I rerata aktivitas siswa sebesar 3,74, siklus II meningkat menjadi 7,33 dan siklus III meningkat menjadi 8,00. Sedangkan penguasaan konsep oleh siswa pada siklus I sebesar 53,33% dengan nilai rata-rata kelas 56,33. Pada siklus II meningkat menjadi 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 65,00 dan pada siklus III meningkat menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata kelas 84,33. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep Biologi oleh siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukoharjo. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, aktivitas belajar siswa, dan penguasaan konsep Biologi
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:28 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16993 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |