PENGARUH TANAH TERHADAP KEKUATANPAVING BLOCKPASCA PEMBAKARAN

Chairil Nur, Dini Nurmalia (2013) PENGARUH TANAH TERHADAP KEKUATANPAVING BLOCKPASCA PEMBAKARAN. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf - Published Version

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1338Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1932Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1572Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (1572Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (2554Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (3105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (2607Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3568Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (2858Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1576Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (8Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Paving blockmerupakan material konstruksi perkerasan jalan yang ramah lingkungan, memiliki sifat kuat tekan yang baik, dapat menahan beban dalam batasan tertentu, dan mudah dalam pekerjaan pemasangan.Paving blockterbuat dari campuran semenportlandatau bahan perekat hidrolisis sejenisnya, air, dan agregatdengan atau tanpa bahan lainnya.Pada penelitian ini proses pembuatan paving blockakan dicobamencampurkan tanahdengan semenportlanddanpasir untuk mengurangi pemakaian bahan aslinyadengan tujuan mencapai spesifikasi SNIpaving block. Sampel tanah yang diuji pada penelitian ini yaitu tanah lempung yang berasal dari daerah Karang Anyar, Lampung Selatan. Variasi kadarcampuran yang digunakan adalah6%,8%, dan 10%semen, 5%pasirdan sisanyaadalah persentase untuk tanahdengan waktu pengeringan7 hari serta dengan perlakuan pembakaran dan tanpa pembakaran sampelpaving block. Berdasarkan hasil pengujian fisik tanah asli, USCS mengklasifikasikan sampel tanah sebagai tanah berbutir halus dan termasuk ke dalam kelompok CL. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembuatanpaving blockpasca bakar dengan menggunakancampuran 10%semen+5%pasir+85%tanahmemenuhi SNIpaving blockuntuk jalan lingkungan.Secara umum penambahan bahansemen pada tanah dapat meningkatkan sifat fisik dan mekanik tanah.Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai kadar air optimum dan berat jenis campuran. Untuk nilai kuat tekanpaving blocktanpapembakarandan dengan proses pembakaran paling baik ditunjukkan pada penambahan kadar campuran 10%. Kata Kunci :Semen,pasir,tanah lempung, kuat tekan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QE Geology
> Mesin (General). Mesin Sipil (General)
> Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:43
Terakhir diubah: 09 Jan 2014 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir