PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI OPTIKA GEOMETRI

, Ernisa Pratiwi (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI OPTIKA GEOMETRI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
2. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3. Persetujuan.pdf - Published Version

Download (1656Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1596Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5. Pernyataan.pdf - Published Version

Download (627Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab 1.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab 2.pdf - Published Version

Download (646Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab 3.pdf - Published Version

Download (282Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (280Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Bab 5.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (13Mb)

Abstrak

Data hasil observasi analisis kebutuhan di SMAN 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa sulitnya siswa kelas X memahami materi optika geometri jika disampaikan dengan verbalisasi yang hanya didukung oleh buku paket dan LKS. Guru merasa kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep pada materi tersebut dan minimnya kegiatan praktikum. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan multimedia interaktif tutorial yang berisi materi, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini memodifikasi model pengembangan yang meliputi tujuh prosedur pengembangan menurut Sadiman,dkk sebagai acuan, yaitu: analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menyusun naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, melakukan validasi ahli yang dilakukan oleh ahli dalam bidang fisika dan teknologi pendidikan, uji coba yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan uji lapangan Ernisa Pratiwi ii yang dilakukan terhadap siswa kelas X.5 dan X.6 SMAN 1 Bandar Lampung Tahun 2012/2013 sebagai pengguna, dan produk akhir berupa multimedia interaktif tutorial. Hasil uji ahli menunjukkan multimedia yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu memperlihatkan bahwa siswa dapat mempelajari media dengan baik. Hasil uji lapangan menunjukkan kualitas multimedia menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai multimedia interaktif tutorial materi optika geometri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan multimedia interaktif tutorial materi optika geometri yang berisi materi, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar, dan telah teruji sesuai teori dengan kualitas: menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat dan dinyatakan efektif digunakan sebagai multimedia dalam pembelajaran. Kata kunci: penelitian pengembangan, multimedia interaktif, optika geometri.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 28 May 2014 07:07
Terakhir diubah: 28 May 2014 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir