0743041022, Jusmalinda (2012) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata dan Pemilihannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (274Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan pemilihannya sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata dan kelayakannya sebagai bahan ajar di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata. Peneliti menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai jujur, nilai disiplin, nilai percaya diri, nilai peduli, nilai mandiri, nilai gigih, nilai tegas, nilai bertanggung jawab, nilai kreatif, nilai bersikap kritis, nilai kerja sama. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan tujuh nilai pendidikan karakter yang meliputi 14 nilai gigih, 13 nilai peduli, 6 nilai kreatif, 4 nilai percaya diri, 2 nilai kerja sama, 1 nilai jujur, dan 1 nilai disiplin. Selain itu, novel ini layak untuk ii dijadikan sebagai salah satu bahan pembelajaran di SMA. Hal tersebut dilihat dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya yang dikaitkan dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Isi novel ini memunyai relevansi dengan standar kompetensi membaca memahami hikayat, novel Indonesia atau novel terjemahan dan kompetensi dasar yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau novel terjemahan pada kelas XI semester 1.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:37 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17299 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |