PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BENTUK TES DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

, Yusita Wardani (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BENTUK TES DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK ENGLISH.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (220Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (238Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (220Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (276Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (417Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2984Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa dan dapat ditingkatkan dengan menggunakan bentuk tes uraian dan pilihan jamak beralasan dalam evaluasi pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan bentuk tes uraian dan pilihan jamak beralasan; (2) perbedaan hasil belajar fisika dilihat dari kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dengan kategori rendah; (3) interaksi antara bentuk tes dengan kemampuan berpikir kritis dalam peningkatan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMPN 19 Bandarlampung dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah Factorial 2x2. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kognitif yang Yusita Wardani ii memiliki dua faktor menggunakan nilai hasil belajar dan pengujian hipotesis menggunakan analisis varian dua jalur (Two Way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa, yang evaluasi pembelajarannya menggunakan bentuk tes uraian dan pilihan jamak beralasan. Siswa yang evaluasi pembelajarannya menggunakan bentuk tes pilihan jamak beralasan memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang menggunkan bentuk uraian; (2) terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa dilihat dari kemampuan berpikir kritis. Hal ini berarti siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi pada kedua kelas hasil belajarnya berbeda dengan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah pada kedua kelas; (3) terdapat interaksi antara bentuk tes dalam evaluasi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dalam peningkatan hasil belajar fisika siswa. Kata kunci: Bentuk tes uraian, pilihan jamak beralasan, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 28 May 2014 07:16
Terakhir diubah: 28 May 2014 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir