0613023033, M. Amin Mubarok (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENERAPKAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (PTK pada Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 13 Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (3937b) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (350Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (290Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (538Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (284Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA3 Tahun Pelajaran 2009-2010 adalah 64,55. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa mendapat nilai ≥ 70. Namun, hanya 50% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70. Pada proses pembelajaran guru banyak menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini mengindikasikan bahwa guru kurang mengarahkan siswa untuk membangun konsep, sehingga aktivitas on task siswa seperti diskusi, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan bertanya masih rendah. Untuk meningkatkan aktivitas on task dan penguasaan konsep tersebut maka diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis KPS dalam meningkatkan (1) persentase rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa, (2) persentase setiap jenis indikator keterampilan menerapkan konsep, (3) persentase ketuntasan belajar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian ini terdiri dari (1) data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa, (2) data kuantitatif berupa data persentase setiap jenis indikator keterampilan menerapkan konsep dan data persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis KPS pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III dapat meningkatkan 1) persentase rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa yaitu (a) aktif diskusi kelompok sebesar 18,1% dan 8,3%, (b) menjawab pertanyaan sebesar 6,9% dan 8,4%, (c) mengemukakan pendapat sebesar 6,9% dan 8,4%, dan (d) mengajukan pertanyaan sebesar 7% dan 5,5%, 2) persentase setiap jenis indikator keterampilan menerapkan konsep yaitu (a) menjelaskan sebesar 9% dan 18%, (b) menghitung sebesar 6% dan 16%, dan (c) menghubungkan konsep sebesar 7% dan 20%, dan 3) persentase ketuntasan belajar sebesar 15,4% dan 27,5%. Indikator kinerja penelitian tercapai sejak siklus I.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:38 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17419 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |