ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN PRODUK LPG 3 KG (Studi pada Masyarakat di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung)

0441011164, FITRIYANI (2012) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN PRODUK LPG 3 KG (Studi pada Masyarakat di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT, english.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan dan saran.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (223Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Masyarakat di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat merupakan wilayah penerima paket kompor gas klaster pertama dengan jumlah rumah tangga sebesar 1462 kepala keluarga. Masalah yang dialami masyarakat dalam penggunaan produk LPG 3 kg adalah masih terdapat keluarga yang tidak menerima paket kompor gas. Hal ini dikarenakan sikap dan perilaku masyarakat yang menganggap bahwa gas tidak bermanfaat dan berbahaya untuk digunakan, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah sikap dan perilaku konsumen dalam penggunaan produk LPG 3 kg di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung adalah baik atau tidak baik” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen dalam penggunaan produk LPG 3 kg di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian deskriptif explanatory dengan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif dari multiatribut Fishbein untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen dalam menggunakan gas. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap dan perilaku konsumen dalam penggunaan produk LPG 3 kg di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat adalah baik, berarti penilaian konsumen terhadap 7 (tujuh) atribut produk LPG yang ada belum mendapat nilai ideal, hanya ada satu atribut yang mendapat nilai ideal sangat baik bagi konsumen yaitu atribut kecepatan memasak. Penilaian konsumen mengenai atribut kualitas dan kemasan LPG, atribut praktis dan mudah memperoleh isi ulang LPG, atribut kebersihan, dan atribut media sosialisasi mendapat kategori baik. Atribut harga LPG mendapat nilai netral dan atribut keamanan masuk dalam kategori tidak baik. Hal ini menunjukkan bahwa atribut keamanan merupakan atribut yang sangat penting bagi konsumen dalam menggunakan LPG 3 kg. Agar mencapai nilai sikap dan perilaku yang ideal, perusahaan penyedia produk LPG 3 kg perlu memperhatikan kualitas dan kemasan LPG dengan cara melakukan penarikan layak edar pada tabung LPG yang berkarat, penyok dan bocor, serta memberikan jaminan atau garansi kepada konsumen apabila tabung LPG rusak sebelum digunakan. Dan bagi masyarakat harus berhati-hati dalam pemakaian kompor gas dengan cara memperhatikan petunjuk dan tata cara pemakaian kompor gas yang baik dan benar serta aman untuk digunakan. Kata kunci : sikap, perilaku, konsumen, LPG 3 kg. Abstract The aims of this study to know attitudes and behavior consumer in using 3 kg of LPG products in the village mediation district Tanjungkarang Center Bandarlampung. Data collected by an explanatory descriptive study with two types of data are primary data and secondary data. Processing data with descriptive analysis of the Fishbein Multiattribute to measure consumer attitudes and behavior in the use of 3 kg LPG product. The results of this analysis indicate that attitudes and behavior of consumer in the use of 3 kg LPG products in the village mediation District Tanjungkarang Center is good, it means that consumer assessment of 7 (seven) of existing LPG product attributes not yet got ideal value that just only attribute speed cooking to receive category ideal for consumer is very good. The assessment consumer about attribute quality and packaging of LPG, attribute practical and easy to obtain LPG, attribute cleanliness, and attribute media socialization is attribute of product LPG get good categories. Attribute of price LPG get neutral value and security attribute in a bad category. This matter indicates that the security attribute is necessary for consumer in using LPG 3 kg. In order to attitude and behavior the ideal value for the consumer, the provider of 3 kg LPG products need to pay attention to quality and packaging of LPG by distribution needs to be done in the proper withdrawal of LPG cylinders rusted, dented and leaking, and also by providing guarantees or warranties, if LPG is damaged before use. And for the people to be careful in the use of gas stoves with the instructions how to pay attention and procedures for the use of gas stove is good and right and safe to use. Keywords: attitude, behavior, consumer, LPG 3 kg.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 06:44
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17750

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir