PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON (PTK Pada Siswa Kelas X2 SMAN 15 Bandar Lampung TP 2009-2010)

0613023005, ILA ZAKHIYA AMALINA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON (PTK Pada Siswa Kelas X2 SMAN 15 Bandar Lampung TP 2009-2010). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada konsep hidrokarbon kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah 60. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X yang ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 61, pada kenyataannya hanya 60% siswa mendapat nilai ≥ 61. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep hidrokarbon adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task siswa; (2) penguasaan konsep siswa dari siklus ke siklus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa Ila Zakhiya Amalina yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan konsep hidrokarbon yang diperoleh melalui tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II yaitu (a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 1 9,17%; (b) mengisi LKS sebesar 19,23%; (c) bertanya pada guru sebesar 8,97%; dan (d) membuat kesimpulan sebesar 5,68%; peningkatan dari siklus II ke siklus III yaitu (a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 15,54%; (b) mengisi LKS sebesar 8,80%; (c) bertanya pada guru sebesar 4,63%; dan (d) membuat kesimpulan sebesar 4,36%. (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,61%, sedangkan dari siklus II ke siklus II sebesar 7,33%. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe TAI, aktivitas on task dan penguasaan konsep, hidrokarbon.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:11
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir