Undang Rosidin, Firman Luqmanulhakim (2014) DIGITAL DIVIDE DAN PENGARUHNYA PADA ICT LITERACY GURU SMA SWASTA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS SOSIAL DAN PIOLITIK.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (376Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (355Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (545Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (194Kb) |
||
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (125Kb) |
||
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (76Kb) |
||
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (577Kb) |
||
File PDF
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (57Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat menyebabkan keunggulan komputer tidak hanya terbatas pada kemampuan mengolah data namun digunakan juga sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Digital divide adalah kesenjangan antara kelompok-kelompok, dalam hal akses, penggunaan, atau pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan mengungkapkan perbedaan ICT Literacy guru yang disebabkan digital divide sekolah, SMA Al-Kautsar, SMA Pangudi Luhur dan SMA Tunas Harapan di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 45 SMA swasta se-kota Bandar Lampung, adapun sampel dipilih tiga SMA swasta yang mewakili kualitas dalam fasilitas laboratorium komputer dan koneksitas internetnya. Sebagai responden dari sampel sekolah yang terpilih terdiri dari 84 orang guru. Aspek-aspek yang diukur dalam penelitian ini, yaitu ICT Literacy yang meliputi dimensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik tabulasi silang dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan ICT literacy yang disebabkan digital divide sekolah pada dimensi keterampilan TIK, yaitu guru SMA Al-Kautsar 36,51%, SMA Pangudi Luhur 29,16%, dan SMA Tunas Harapan 29,41%. Sedangkan untuk dimensi pengetahuan TIK guru dan sikap terhadap TIK tidak menunjukkan perbedaan. Dengan demikian kesenjangan digital hanya berpengaruh pada dimensi keterampilan TIK guru. Kata Kunci : Digital Divide, ICT Literacy, Guru SMA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Sistem Informasi |
Pengguna Deposit: | Dr. Eng. Hasan Khairudin |
Date Deposited: | 31 May 2014 05:40 |
Terakhir diubah: | 31 May 2014 05:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1841 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |