, Emilda Rani (2014) PENGARUH PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER TENTANG KEHIDUPAN AWAL MANUSIA PURBA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN SEJARAH KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MARTAPURA OKU TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (662Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (566Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (566Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (370Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (301Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2408Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah ada pengaruh dari penggunaan film dokumenter tentang kehidupan awal manusia purba terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi pelajaran sejarah kelas VII di SMP Negeri 1 Martapura OKU Timur dan sejauh mana pengaruh penggunaan film dokumenter tentang kehidupan awal manusia purba terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Martapura OKU Timur ? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa film dokumenter, (b) Untuk mengetahui pengaruh pada kelas yang diberikan perlakuan penggunaan film dokumenter khususnya kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data Tes, Dokumentasi, dan Observasi. Sedangkan teknik analisis kuantitatif, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa yang telah diterapkan pembelajaran Kooperatif, dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan film dokumenter sebagai media pembelajarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Hasil belajar yang menggunakan film dokumenter kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar dan memiliki rata – rata nilai posttest sebesar 82,42 sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan media power point memiliki rata – rata nilai posttest sebesar 71,06. 2) Terdapat perbedaaan nilai rata–rata hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, besarnya perbedaan adalah 11,36. 3) Penggunaan film dokumenter berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Martapura OKU Timur melalui metode eksperimen.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 31 May 2014 05:50 |
Terakhir diubah: | 31 May 2014 05:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1855 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |