NN, RENITA TRINURIZA (2012) PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL UNTUK KESENIAN WAYANG GOLEK BERBASIS OPEN SOURCE. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Budaya wayang terus berkembang dari zaman ke zaman dan merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, pemahaman filsafat, serta hiburan. Tetapi pada kenyataannya, kesenian wayang kurang diminati oleh sebagian orang terutama remaja, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan media untuk mempelajarinya. Oleh karena itu dengan adanya teknologi dan sumber daya komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran kesenian wayang golek dan sebagai alternatif alat bantu dalam pertunjukan, maka Penulis mendesain dan membuat sebuah aplikasi virtual menggunakan Augmented Reality yang direalisasikan dengan software Library ARToolki, Blender dan Lazarus berbasis opensource. Sistem wayang virtual ini menggunakan kamera digital dan marker serta sebuah komputer untuk menjalankannya. Dengan menggunakan kamera, aplikasi ARToolkit akan mendeteksi adanya sebuah marker kemudian objek wayang yang berbentuk 3D akan ditampilkan di atas marker tersebut. User melakukan interaksi untuk memainkan marker sesuai dengan cerita pertunjukan wayang, selain itu dapat juga menjalankan aplikasi pendukung untuk memainkan suara gamelan atau sinden seperti pada pertunjukan wayang sesungguhnya. Metode yang digunakan adalah Waterfall method. Dengan adanya aplikasi virtual wayang ini, dapat dijadikan alternatif pembelajaran pertunjukan wayang untuk kalangan tertentu khususnya pendidikan dan sebagai alat bantu untuk mempermudah perangkat pertunjukan yang beragam dan berat. Kata Kunci : Augmented Reality, Kesenian Wayang, Library ARToolkit, Marker, Waterfall Method. Abstract Puppets culture continues to grow over time and is a light media, propaganda, educational, philosophical, understanding, as well as entertainment. But in fact, puppet art less attractive to some people, especially teenagers, this is due to lack of knowledge and media to learn. Therefore, with the technology and computer resources that can be utilized as a learning medium and as an alternative puppet art tools in the performing, an then the author design and create a virtual application using augmented reality which is realized by software libraries Artoolkit, Blender and Lazarus base on open source. Virtual puppet system uses digital cameras, markers and a computer to run. By using the camera, ARtoolkit application will detect the existence of a marker and then object shaped puppet which is displayed above the 3D marker. User interaction run the marker according to the story puppet show, in addition to supporting applications that can run to play the gamelan or sinden sound like the real puppet show. Method that is used in this application is Waterfall method. With virtual application of this puppet, can be an alternative learning puppet show for certain circles, especially education and as a tool to facilitate a variety of divice perfomance and weight. Keyword : Augmented Reality, Artistry of Puppets, Library ARToolkit, Marker, Waterfall Method.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | tik 12 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Jan 2016 03:46 |
Terakhir diubah: | 21 Jan 2016 03:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18573 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |