PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI I METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053037, KISNO (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI I METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053037-ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053037-kesimpulan.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053037-pendahuluan.pdf

Download (59Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selama ini pengajaran IPS di kelas IVc SD Negeri 1 Metro Utara masih bersifat konseptual dan teoretik. Proses pembelajaran hanya terfokus pada LKS yang menyebabkan kurang terbangunnya ide atau gagasan pada diri siswa untuk berpendapat dan mengasah kemampuannya. Siswa selalu ribut, risau dan gelisah dalam pembelajaran, sehingga suasana belajar menjadi tidak kondusif. Kondisi seperti itu menyebabkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVc SD Negeri 1 Metro Utara. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas model siklus berdaur ulang yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di setiap siklusnya. Pemerolehan data dalam penelitian ini melalui observasi kegiatan siswa dan guru dalam pembelajaran, kegiatan portofolio, dan tes formatif. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif melalui lembar panduan observasi siswa dan guru dalam pembelajaran, dan data kuantitatif melalui tugas portofolio dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peningkatan tiap siklus melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis portofolio dari kegiatan portofolio tayangan, portofolio dokumentasi dan portofolio presentasi sebesar 55,58% pada siklus I menjadi 66,23% pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 84,02%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis portofolio dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVc SD Negeri Metro Utara. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Portofolio, Prestasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:31
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir