PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD PADA SISWAKELAS IX TAHUN 2009/2010

Nn, NASIB UTOMO (2010) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD PADA SISWAKELAS IX TAHUN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak Nasib Utomo.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan Nasib Utomo.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan Nasib Utomo.pdf

Download (78Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi serta interaksi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD serta perbedaan prestasi belajar siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah. Dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Analisis data menggunakan uji persamaan dua varian dan proporsi, uji normalitas, dan homogenitas dengan α = 0,05. Menggunakan dua kelas sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD berdasarkan perhitungan statistika uji persamaan dua varian.(2) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan tipe STAD dan Jigsaw, dimana perbedaan rerata sebesar 4,319 dan P-value 0,003 . (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada kemampuan awal rendah dengan perbedaan rerata sebesar 7,684. Hasil perhitungan rerata pada tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan pada tipe STAD pada siswa berkemampuan awal rendah. (4) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada kemampuan awal tinggi pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD karena nilai P-Value 0,623 > 0,05. Hasil perhitungan rerata pada tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan pada tipe STAD pada siswa berkemampuan awal rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD dapat menjadi alternatif pembelajaran bagi guru karena kedua model ini sama baiknya tetapi model pembelajaran tipe Jigsaw sebaiknya diterpakan untuk siswa yang berkemampuan awal rendah sedangkan model pembelajaran tipe STAD tidak tepat untuk siswa yang berkemampuan awal rendah. Rerata prestasi siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tepat untuk meningkatkan rerata prestasi siswa dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:40
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir