FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB SISWA LULUSAN SMP TIDAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE SMA DI DESA TANJUNG PANDAN KECAMATAN BANGUN REJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2009

0313034035, Nur Rohmansah (2012) FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB SISWA LULUSAN SMP TIDAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE SMA DI DESA TANJUNG PANDAN KECAMATAN BANGUN REJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2009. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan.pdf

Download (169Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji faktor-faktor penyebab lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA, dengan titik kajiannya pada jarak dari rumah ke sekolah, tingkat pendidikan orang tua, tingkat pendapatan keluarga, dan minat anak lulusan SMP utuk melanjutkan pendidikannya ke SMA di Desa Tanjung Pandan Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 anak. Pengumpulan data primer dengan menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Pengumpulan data sekunder menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dengan tabulasi dan persentase sebagai dasar deskripsi dalam pembuatan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa jarak dari rumah ke sekolah terdekat lebih dari 5 Km, dan waktu tercepat menuju sekolah terdekat mencapai 30 menit. Pendidikan orang tua rendah karena pendidikan yang ditempuh hanya sampai tingkat SMP. Rendahnya pendidikan orangtua merupakan faktor penyebab anak lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA di Desa Tanjung Pandan Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2009. Sebanyak 27 responden (85%) tingkat pendapatan orangtua anak lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA tergolong rendah yaitu ≤ Rp. 650.000. Sebanyak 22 responden (68,75%) anak lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA memiliki minat yang rendah untuk melanjutkan ke SMA.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:35
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18998

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir