KEBERFUNGSIAN LATAR UNTUK MENDUKUNG PENOKOHAN DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

0413041011, Sulis Wardani (2012) KEBERFUNGSIAN LATAR UNTUK MENDUKUNG PENOKOHAN DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Masalah dalam penelitian ini adalah keberfungsian latar untuk mendukung penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keberfungsian latar untuk mendukung penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy dan menentukan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Hasil penelitian ini ditemukan keberfungsian latar untuk mendukung penokohan. Melalui fungsi latar sebagai salah satu unsur fiksi, keberfungsian latar tempat mendeskripsikan tokoh Aku yang berkehidupan sederhana, berpendidikan, tokoh Ibu yang religius, dan tokoh Ibu Mertua sebagai manusia yang berpendidikan. Keberfungsian latar waktu mendeskripsikan tokoh Aku yang tepat waktu, tokoh Raihana sebagai isteri yang religius. Keberfungsian latar sosial mendeskripsikan tokoh Aku sebagai anak yang berbakti dan mau berubah, tokoh Raihana yang perhatian terhadap suaminya, tokoh Ibu yang egois dan ingin yang terbaik untuk Sulis Wardani anaknya, tokoh Pak Hardi yang suka memuji, dan tokoh Pak Qolyubi yang berpendidikan dan hidupnya bergantung pada kekayaan orang tuanya. Melalui fungsi latar sebagai metaforik, keberfungsian latar tempat mendeskripsikan tokoh Aku yang tidak menemukan hari-hari indahnya, bahagia karena akan bertemu dengan orang yang didambakannya. Keberfungsian latar sosial mendeskripsikan tokoh Aku yang mandiri, tokoh Raihana yang anggun, lembut, tenang, setia, dan patuh pada suaminya, tokoh Pak Susilo dilukiskan sebagai manusia yang menyukai sesuatu yang mulia. Melalui fungsi latar sebagai atmosfer, keberfungsian latar tempat mendeskripsikan tokoh aku yang menyesal namun sudah terlambat. Keberfungsian latar sosial mendeskripsikan tokoh Pak Qolyubi yang berstatus sosial tinggi. Novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy layak untuk dijadikan bahan ajar sastra di SMA. Kelayakan novel tersebut karena memenuhi kriteria agar suatu karya sastra (novel) dapat digunakan sebagai bahan ajar, yaitu harus memberi kenikmatan atau hiburan dan memberikan ketepatan dalam wujud pengungkapan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:41
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19085

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir