MIGRASI MASYARAKAT DESA DALAM PERUBAHAN SOSIAL KELUARGA (Studi Tentang Ibu Rumah Tangga yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Sukajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran)

NN, Dewi Novita Sari (2012) MIGRASI MASYARAKAT DESA DALAM PERUBAHAN SOSIAL KELUARGA (Studi Tentang Ibu Rumah Tangga yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Sukajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan perubahan sosial keluarga pada masyarakat yang melakukan migrasi di Desa Sukajaya, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus yang dilaksanakan di Desa Sukajaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran khususnya pada masyarakat yang melakukan migrasi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan mengambil enam orang sebagai informan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawacara mendalam dan studi kepustakaan. Setelah data dikumpul dilakukan analisa data kualitatif melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian dari keenam informan yang diteliti menunjukan bahwa ada emapat faktor penyebab melakukan migrasi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yaitu faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor keluarga dan faktor kesempatan. Perubahan sosial yang terjadi meliputi status, peran dan norma dari keenam informan memiliki perbedaan. Status sebagai kepala keluarga mengalami perubahan pada tiga informan dimana berubahnya peran pencari nafkah yang berdampak pada perubahan status sebagai kepala keluarga , peran dari keenam informan mengalami perubahan karena terjadinya kekosongan peran istri/ibu yang memiliki peran terpenting dalam keluarga, sedangkan norma yang dari keenam informan tidak ada yang mengalami perubahan hanya mengalami pelanggaran dan penyimpangan pada norma yang berlaku dalam keluarga tetapi tidak mengakibatkan perubahan norma. Migrasi dapat menimbulkan perubahan bagi keluarga yang ditinggalkan, perlunya kesadaran masing-masing anggota keluarga untuk saling membantu menjalankan kekosongan tugas anggota keluarga yang melakukan migrasi. Kata kunci : Migrasi, perubahan sosial keluarga

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:50
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 03:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19357

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir