0543023036, DWI YULYANI (2010) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM (PTK pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010). Digital Library.
|
File PDF
bab I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (112Kb) |
||
|
File PDF
da-pus.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover AWAL.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lmbar Pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN neeww.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT.pdf Download (4047b) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata tes formatif siswa pada materi asam, basa, dan garam masih rendah yaitu 48% yang memperoleh nilai 68. Hal tersebut disebabkan karena aktivitas siswa masih rendah dalam proses pembelajaran. Siswa juga jarang melakukan praktikum, sehingga siswa kurang terlatih untuk melakukan keterampilan proses sains. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan proses sains pada materi asam, basa, dan garam adalah dengan penggunaan metode eksperimen berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan pada materi asam, basa, dan garam dalam meningkatkan aktivitas on task dan keterampilan proses sains siswa. Dwi Yulyani Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi asam, basa, dan garam dengan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan (1) tiap jenis aktivitas on task dari siklus I ke siklus II, yaitu aktif dalam diskusi kelompok sebesesar 32,8%; bertanya kepada guru: 25%; memberi pendapat: 26,6%; dan menjawab pertanyaan dari guru: 26,5%, (2) tiap jenis keterampilan proses sains siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu indikator mengklasifikasikan sebesar 3,8%; indikator menyimpulkan: 14,4%; indikator mengkomunikasikan: 7,5% ; dan indikator observasi sebesar 23,92%, bila dilaksanakan dengan cara melatihkan keterampilan proses sains pada siswa melalui praktikum dan penggunaan LKS selama proses pembelajaran. Kata kunci: aktivitas on task, keterampilan proses sains, dan metode eksperimen berbasis lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 12:47 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2016 12:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19988 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |