0313024032, Ratna Noviyanti (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK ratna.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1 na2.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2 na2.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III aq.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV aq.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (75Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA na2.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN na2.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA na2.pdf Download (163Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Hasil observasi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, diketahui hasil belajar siswa rendah (nilai rata-rata 62,49), hal ini diduga kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran, sebab guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Sehubungan dengan itu, pada penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok jamur. RATNA NOVIYANTI Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa yaitu skor gain dari data postes dikurangi pretes dibagi dengan skor maksimal dan dikali seratus, dan nilai aspek afektif serta psikomotor yang diambil pada setiap pertemuan dengan menggunakan lembar observasi (angket). Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji t menggunakan software SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok Jamur ; (2) Rata-rata hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing lebih tinggi daripada tanpa model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Kancing gemerincing, Hasil belajar, Jamur
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:20 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2016 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20191 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |