PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 1 SDN 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING a BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

0913069095, SAFRIDA ARIYANI (2016) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 1 SDN 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING a BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069095-abstrak.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069095-kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069095-pendahuluan.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan yang di lakukan peneliti pada siswa kelas 1 SDN 1 Langkapuran Kecamatan Kemiling Bandar lampung, pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru masih banyak yang tidak menciptakan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa diperlukan cara yang tepat, di antaranya metode demonstrasi. Yang mana dengan metode demonstrasi yang di lakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas 1 dapat meningkatkan aktivitas yang akhirnya terjadi peningkatan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian yang di lakukan terdiri dari dua siklus terdiri dari satu siklus terdapat dua pertemuan yang memiliki empat kegiatan pokok yaitu perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi. Pada siklus 1 pertemuan pertama keaktifan siswa mencapai 55% dengan prestasi hasil belajar rata-rata 7,14, naik 4,9% dari Pra penelitian sebesar 6,65. Siklus 1 pertemuan kedua prestasi siswa meningkat menjadi rata-arata 7,51. Hal ini menunjukkan kenaikan prestasi hasil belajar siswa pada siklus 1. Pada akhir siklus, semua siswa meningkat pada aktivitas dan parestasinya, yang mana sikluis II pertemuan pertama prestasi siswa rata-rata 7,83 dan meningkat menjadi ratarata 8,28 pada siklus II pertemuan kedua. Pada siklus ketiga pertemuan pertama, rata-rata prestasi siswa 8,34 terjadi kenaikan dari siklus kedua. Pada pertemuan kedua siklus ketiga prestasi siswa rata-rata menjadi 8,83. Hal ini membuktikan bahwa penelitian pada siklus I, II, dan III berhasil, dalam melakukan tinkadan: 1. Siswa aktif dalam proses belajar 2. Kegiatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 3. Adanya peningkatan hasil belajar siswa 4. Melaksankan metode demonstrasi dengan baik dalam pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:01
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20449

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir