PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT OPTIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

0813022036, Ismu Sukamto (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT OPTIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1716Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (1022Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img] File PDF
Ismu Sukamto 0813022036.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3093Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (21Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (17Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan data hasil observasi di SMAN 1 Ambarawa, diketahui bahwa sekolah sudah memiliki fasilitas yang memadai dan memungkinkan para guru untuk melakukan pembelajaran fisika dengan menggunakan media berbasis TIK tetapi belum dimanfaatkan secara optimal. Ditambah dengan adanya nilai rata-rata uji blok kelas X terkecil pada materi alat-alat optik yang diakui karena guru merasa kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep pada materi tersebut dan tidak tersedianya alat-alat praktikumnya. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti bermaksud mengembangkan media pembelajaran alat-alat optik berbasis TIK yang berisi materi, praktikum virtual yang dilengkapi dengan LKS, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan yang meliputi tujuh prosedur pengembangan menurut Rayanda Asyhar sebagai acuan, yaitu: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menyusun naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, melakukan validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan kelompok kecil yang dilakukan terhadap siswa kelas X1 SMAN 1 Ambarawa Tahun 2011/2012 sebagai pengguna, dan produk akhir berupa media pembelajaran alat-alat optik yang dilengkapi dengan LKS. Hasil uji ahli menunjukkan media yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu memperlihatkan bahwa siswa dapat mempelajari media dengan baik. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan kualitas media sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran alat-alat optik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran alat-alat optik yang berisi materi, praktikum virtual yang dilengkapi dengan LKS, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar, dan telah teruji sesuai teori dengan kualitas: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, dan alat-alat optik.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:47
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir