MENINGKATKAN PEMBELAJARAN HEADSTAND PADA SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN PEMBINAAN POLA GERAK DASAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

0913068023, TRI PRASSETIO PITOYO (2016) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN HEADSTAND PADA SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN PEMBINAAN POLA GERAK DASAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (1131Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (24Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (889Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran headstand pada senam lantai siswa kelas V (Lima) di SD Negeri 2 Kupang Teba Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010 / 2011 melalui Pendekatan Pembinaan Pola Gerak Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penelitian tes keterampilan gerak headstand pada senam lantai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama diberikan tindakan melakukan headstand kaki ditekuk di depan dada, diperoleh prosentase ketuntasan belajar 35,48 %, dengan tingkat efektifitas 21,31 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus kedua diberikan tindakan melakukan headstand bersandar pada dinding/ tembok, diperoleh prosentase ketuntasan belajar 67,74 % dengan tingkat efektifitas 36,15 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus ketiga diberikan tindakan melakukan kegiatan saling membantu untuk melakukan headstand, diperoleh prosentase keberhasilan ketunasan belajar 93,55 % dengan tingkat efektifitas 55,88 %. Dengan demikian hasil perhitungan telah meningkat lebih dari 50 %. Dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas pada siklus ketiga dinyatakan tuntas dan efektif.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:48
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20950

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir