UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JATIBARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG

1013079298, SUPRIHATIN (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JATIBARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG. digilib library.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak 2003.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 1.pdf

Download (1286Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 2.pdf

Download (3899Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 5.pdf

Download (636Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 3.pdf

Download (3865Kb) | Preview
[img] FIle PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)

Abstrak

Pembelajaran PKn yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa. Pembelajaran bertujuan dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 1 Jatibaru Kecamatan Tanjung. Dalam upaya tersebut maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik dan menantang bagi siswa yaitu menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV yaitu dengan cara persiapan pembelajaran yang baik, pengorganisasian kelompok belajar yang dapat menarik, menantang, dan mengasyikkan, serta kegiatan individu yang membuat siswa dapat bertanggung jawab akan hasil belajar yang diperoleh. Siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran yang berulang. Sehingga ada perubahan tingkah laku siswa yang meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor dalam situasi tertentu berkat pengalamannya berulang-ulang dalam pembelajaran. Dalam melakukan penelitian lanjutan sesuai dengan penelitian ini juga disarankan agar membuat persiapan yang lebih sempurna terutama dalam mempersiapkan instrumen pengamatan beserta rubrik-rubrik yang jelas pada saat kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PKn Sekolah Dasar, Contextual Teaching and Learning (CTL).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir