PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V A SD NEGERI 3 METRO PUSAT

SUCI AMELYA SARI, 1113053109 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V A SD NEGERI 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4034Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3482Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model quantum learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes berupa lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru, afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model quantum learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I sebesar 68.42 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 73.31 dengan kategori baik. Nilai kinerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64.05 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 80.54 dengan kategori baik. Dengan demikian relevansi hasil belajar dengan kinerja guru yaitu apabila kinerja guru dalam kategori baik dan meningkat, maka hasil belajar siswa juga meningkat. Kata kunci: hasil belajar, model quantum learning, pembelajaran IPA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7511276 . Digilib
Date Deposited: 03 Mar 2016 08:49
Terakhir diubah: 03 Mar 2016 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21396

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir