PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PUISI KONTEMPORER BERBASIS MODEL SUCHMAN PADA SISWA KELAS XII SMA

HERNI IDAYATI , 1423041015 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PUISI KONTEMPORER BERBASIS MODEL SUCHMAN PADA SISWA KELAS XII SMA. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (739Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (823Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengem¬bangkan bahan ajar berupa LKS apresiasi puisi kontem¬porer ber¬basis model Suchman untuk siswa kelas XII SMA. Dalam model Suchman terdapat lima langkah pembelajaran yaitu (1) identifikasi masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) mengumpulkan data, (4) menguji hipotesis, dan (5) merumuskan kesimpulan. LKS apresiasi puisi kontemporer ini dengan struktur (1) judul, (2) petunjuk belajar,(3) kompetensi yang akan dicapai,(4) informasi pendukung, (5) tugas-tugas dan langkah-langkah kerja, (6) penilaian. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, melalui modifikasi penelitian pengembangan Borg dan Gall, langkah yang digunakan, yaitu(1) identifikasi kebutuhan,(2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba produk awal, (5)revisi produk, dan (6) uji coba lapangan. Berdasarkan identifikasi strategi pengembangan bahan ajar yang layak dilakukan dengan mengkombinasikan kekuatan dan kelemahan pembelajaran terhadap peluang dan ancaman (analisis SWOT). Pengembangan bahan ajar pembelajaran apresiasi puisi kontemporer pada 3 (tiga) sekolah SMA di Pesawaran, menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang cukup, pada guru menunjukkan bahwa bahan ajar berupa LKS sangat perlu dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa LKS dengan melalui uji praktisi, validasi ahli bahan ajar, validasi ahli materi sastra, uji coba produk dalam kelompok kecil dan kelompok besar, revisi produk. Dengan serangkaian uji tersebut menghasilkan produk bahan ajar berupa LKS yang layak dan dapat dikembangkan. Hasil uji daya tarik siswa di Pesawaran berpendapat bahan ajar LKS yang dihasilkan memiliki kemenarikan dan kemudahan penggunaan berada pada 2,51 - 3,25 dengan penilaian baik. Sedangkan penilaian kemanfaatan bahan ajar berada pada range 3,26-4,00 yang berarti sangat baik, didapat skor penilaian daya tarik sebesar 3,12 yang lebih besar dari 2,50. Dengan demikian daya tarik LKS bahan ajar pembelajaran puisi kontemporer menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XII SMA di Pesawaran. Kata kunci: bahan ajar, lembar kegiatan siswa (LKS), model Suchma,kontemporer. ABSTRAK BAHASA INGGRIS This research aims to develop teaching materials in the form of poetry appreciation LKS contemporary poetry Suchman based models for high school students of class XII. In the model, there are five steps Suchman learning: (1) identification of the problem, (2) formulate a hypothesis, (3) collecting data, (4) test hypotheses, and (5) formulating conclusions. LKS's appreciation of contemporary poetry by structure (1) title, (2) the instructions for learning, (3) the competence to be achieved, (4) supporting information, (5) the tasks and work steps, (6) assessment. This research method uses data analysis techniques of qualitative and quantitative, through modification of developmental research Borg and Gall, the measure used, namely (1) the identification of needs, (2) planning, (3) early product development, (4) testing the initial product, (5) the revision of the product, and (6) the trial court. Based on the identification of material development strategy feasible by combining the strengths and weaknesses of learning of the opportunities and threats (SWOT analysis). Instructional material development appreciation of contemporary poetry in three (3) high school in Pesawaran, shows that students have a sufficient interest, the teachers indicated that teaching materials in the form of worksheets so be developed. The results of this study are practitioners LKS by means of testing, validation expert teaching materials, expert validation literary material, product trials in small groups and large groups, the revision of the product. With the test series produce teaching materials in the form of worksheets that feasible and can be developed. The test results on the students' appeal Pesawaran contend LKS teaching materials produced has the attractiveness and ease of use are at 2,51 to 3,25 with good ratings. While the benefit assessment of teaching materials are in the range of 3,26 to 4,00, which means very good, acquired attractiveness assessment score of 3,12 is greater than 2,50. Thus the appeal LKS contemporary poetry learning teaching materials attractive for use as teaching material in the high school students of class XII Pesawaran. Keywords: contemporary poetry, student activity sheet (BLM),materials, Suchman model.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 7061337 . Digilib
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:43
Terakhir diubah: 28 Mar 2016 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21411

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir