PENGEMBANGAN LKS BERMAIN DRAMA BERBASIS AUTOBIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Miftahul Jannah, (1423041018) (2016) PENGEMBANGAN LKS BERMAIN DRAMA BERBASIS AUTOBIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (957Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (623Kb) | Preview

Abstrak

Agar pembelajaran dapat berlangsung efektif, pengembangan bahan ajar cukup penting dilakukan. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun untuk siswa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan tiga tahapan utama, yakni hasil studi pendahuluan, pengembangan produk, dan produk atau hasil pengembangan. Prosedur penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi awal tentang kondisi objektif pembelajaran dan kebutuhan bahan ajar. Langkah berikutnya adalah mendesain dan mengembangkan produk bahan ajar bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun, penilaian praktisi atau teman sejawat, uji ahli substansi dan uji ahli teknologi pendidikan, uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Revisi produk pengembangan dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari setiap penilaian atau uji yang dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang layak dan siap untuk diimplementasikan. Uji pemakaian LKS responden guru pada uji kelompok besar di tiga sekolah, yakni MAN 1 Lampung Selatan, MA Daarul Ma`arif Lampung Selatan, dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, diperoleh skor 4,2 (layak) dan uji pemakain LKS responden siswa diperoleh skor 4,28 (layak). Dengan demikian LKS bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XI SMA/MA. Kata Kunci : bahan ajar, bermain drama, autobiografi

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> PA Classical philology
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 9030506 . Digilib
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:03
Terakhir diubah: 08 Apr 2016 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir