PENERAPAN MIND MAPPING DALAM MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN 2015/2016

ANIDA LUTHFIANA , 1213053016 (2016) PENERAPAN MIND MAPPING DALAM MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2659Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2286Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Selatan pada mata pelajaran matematika, yang menunjukkan bahwa 56,67% siswa belum mencapai KKM dan pembelajaran belum dilaksanakan secara optimal. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan mind mapping dalam model quantum teaching. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mind mapping dalam model quantum teaching pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 56,67% (kategori cukup aktif) dan meningkat menjadi 76,67% (kategori aktif) pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siklus I sebesar 63,33% (kategori cukup baik) dan meningkat menjadi 83,33% (kategori sangat baik) pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 63,33% (kategori cukup terampil) dan meningkat menjadi 83,33% (kategori sangat terampil) pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus I sebesar 66,67% (kategori tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33% (kategori sangat tinggi). Kata kunci: mind mapping, model quantum teaching, aktivitas dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 3572833 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:17
Terakhir diubah: 18 Apr 2016 08:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir