PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI I RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

MAYA PUTRI, (1213053068) (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI I RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3487Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3009Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dan guru belum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam kegiatan belajar mengajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T pada program SPSS seri 17.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajran kooperatif tipe picture and picture pada kelas eksperimen (IV A) yaitu 79,39 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (IV B) yang hanya mendapat nilai 61,12 Kata Kunci: hasil belajar IPS, Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1926625 . Digilib
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:34
Terakhir diubah: 15 Apr 2016 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir