PENGARUH EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL SIMULASI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DEMOKRASI KELAS VIII A DI SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Anggun Septiana, (1213032007) (2016) PENGARUH EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL SIMULASI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DEMOKRASI KELAS VIII A DI SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (973Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1641Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model simulasi terhadap pemahaman materi demokrasi kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sample yaitu 38 siswa kelas VIIIA (kelas eksperimen) dan 38 siswa keas VIIIB (kelas kontrol). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes pemahaman, ditunjang oleh teknik dokumentasi dan pengamatan, teknik analisa data menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model simulasi dalam meningkatkan pemahaman materi demokrasi di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Hal ini ditunjukkan melalui hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar yaitu7,05 dan kelas kontrol yaitu 6,42. Kata Kunci: efektifitas, model simulasi, pemahaman materi demokrasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JA Political science (General)
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 6080216 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:00
Terakhir diubah: 20 Apr 2016 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir