SULASTRI , 1413093047 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SD TUNAS HARAPAN BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2382Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1852Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Tunas Harapan Bandar Lampung yakni 8 siswa (40%) dari 20 siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) atau Classroom Action Research yang difokuskan pada situasi kelas. Penelitian ini berlangsung dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Tunas Harapan Bandar Lampung. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 59.70% dan pada siklus II menjadi 84.30%. Begitu pula dengan hasil belajar PKn meningkat pada tiap siklusnya, rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 63.25 menjadi 65.25. Penggunaan strategi Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4812822 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 05:01 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2016 05:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21795 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |