PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ARCHIVEMENT DIVISION) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA PANCASILA SEPUTIH MATARAM TAHUN AJARAN 2015 /2016

Ni komang Windari Purnani, 1013033015 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ARCHIVEMENT DIVISION) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA PANCASILA SEPUTIH MATARAM TAHUN AJARAN 2015 /2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2632Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1807Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian pendahuluan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Pancasila Seputih Mataram sangat rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achivment Division). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh yang signifikan pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X di SMA Pancasila dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran siswa kelas X di SMA Pacasila tahun ajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas X di SMA Pancasila tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group Preetest Posttes Desaign Sampel pada penelitian ini adalah kelas X A yang berjumlah 28 orang siswa. Alat ukur yang digunaan pada penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 25 butir pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data adalah teknik analisis data pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired. menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pada peningkatan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran sejarah terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas X di SMA Pancasila tahun ajaran 2015/21016. Besarnya taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X di SMA Pancasila tahun ajaran 2015/2016 sebesar 0,457 yang jika di interpretasikan dalam tabel korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikansi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 7722859 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2016 08:18
Terakhir diubah: 21 Apr 2016 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir