PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

SITI MUTIARA BAROKAH , 1113043037 (2016) PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2061Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1190Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari Halibambang menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu terdiri satu orang guru dan delapan orang siswa-siswi SMP Wiyatama Bandar Lampung yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa, memberi nilai tes praktik, menganalisis hasil tes, mereduksi data dan membuat kesimpulan data. Teori yang digunakan adalah teori tentang pembelajaran, tari halibambang menggunakan metode demonstrasi dan ekstrakurikuler, Proses pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan telah dilaksanakan oleh guru dengan empat langkah, yaitu langkah perencanaan yang dilihat dari Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang telah dibuat guru, langkah pembukaan yang dilihat dari kegiatan awal pembelajaran, langkah pelaksanaan yang dilihat dari kegiatan inti pembelajaran dan langkah akhir yang dilihat dari kagiatan penutup. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tari Halibambang dengan menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Wiyatama Bandar Lampung, telah berhasil dengan baik, hal ini terbukti delapan orang siswa-siswi ternyata lima orang atau sebagian besar (63%) telah berhasil menunjukkan kemampuan mereka dalam menarikan Tari Halibambang dengan baik, sedangkan tiga orang (37%) siswasiswi belum baik, khususnya jika dilihat dari hafalan ragam gerak, kesesuaian tarian dengan iringan musik maupun ekspresi menari. Kata kunci: pembelajaran, Tari Halibambang, metode demonstrasi, kegiatan ekstrakurikuler ABSTRACT This research aimed to describe the learning process and learning outcomes of Halibambang Dance by using demonstration method on extracurricular activities in SMP Wiyatama Bandar Lampung. This study conducted by using qualitative descriptive approach with data sources that comprise one teacher and eight students of SMP Wiyatama Bandar Lampung who follow traditional dance on extracurricular activities. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The theory used is the theory of learning, Halibambang Dance and methods of demonstration. extracurricular learning process implemented by using demonstrations. It has been implemented by teachers with four steps, namely the steps of planning the visits of Daily Activities Plan (RKH) has been made of teachers, opening step is seen from the initial activities of learning, execution step as seen from the core activities of learning and at end step as seen from the cover detailing activities. Based on the results of this research and discussion, it can be concluded that learning Halibambang Dance by using demonstration method on extracurricular activities in SMP Wiyatama Bandar Lampung has managed well, this proved to eight students turned out to be five students or mostly (63%) have successfully demonstrated well the ability Halibambang Dance by them, while three students (37%) is not good yet, especially when viewed from rote range of motion, suitability dance to the accompaniment of music and dance expression. Key words: learning, Halibambang Dance, demonstration method, extracurricular activities

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 61933235 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:14
Terakhir diubah: 28 Apr 2016 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir