PENGARUH ASAM SITRAT, ALUMINIUM DAN INTERAKSINYA TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH KEDELAI (Glycine max (L) Merill) VARIETAS ANJASMORO

RADELLA HERVIDEA , 1217021063 (2016) PENGARUH ASAM SITRAT, ALUMINIUM DAN INTERAKSINYA TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH KEDELAI (Glycine max (L) Merill) VARIETAS ANJASMORO. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (756Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (619Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari asam sitrat, aluminium dan interaksinya terhadap pertumbuhan kecambah kedelai (Glycine max (L) Merril) varietas Anjasmoro. Penelitian dilakukan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung pada Januari 2016 dalam percobaan faktorial 2 x 3. Faktor A adalah aluminium dengan 2 taraf konsentrasi : 0 mM dan 5 mM. Faktor B adalah asam sitrat dengan 3 taraf konsentrasi : 0 mM, 5 mM dan 10 mM. Variabel dalam penelitian ini adalah berat segar kecambah, berat kering kecambah, kadar air relatif , kandungan klorofil a, b, total, rasio klorofil b/a dan kandungan karbohidrat terlarut. Data dianalisis ragam pada taraf nyata 5%. Jika interaksi tidak nyata maka dilanjutkan dengan penentuan main effect faktor A atau faktor B dengan uji BNT pada taraf nyata 5%. Jika interaksi antara faktor A dan faktor B nyata maka dilanjutkan dengan penentuan simple effect dengan uji F pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam sitrat menurunkan berat segar, berat kering, kadar air relatif, klorofil b dan karbohidrat terlarut total, sedangkan aluminium hanya menurunkan kadar air relatif dan interaksi antara asam sitrat dan aluminium mempengaruhi kandungan klorofil a, klorofil total dan rasio klorofil b/a. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa asam sitrat tidak dapat meningkatkan pertumbuhan kecambah kedelai varietas Anjasmoro baik dalam cekaman aluminium atau tanpa cekaman aluminium. Kata kunci : Asam sitrat, Alumunium, Kedelai, Berat Segar, Berat Kering.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 60442488 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:36
Terakhir diubah: 28 Apr 2016 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22028

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir