MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 SUNGAILANGKA GEDONG TATAAN PESAWARAN

ELFI LISTYANINGSIH , 1413093008 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 SUNGAILANGKA GEDONG TATAAN PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2137Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1646Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian berawal dari hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN 5 Sungailangka, diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran sebanyak 62,5% belum mencapai KKM yaitu sebesar ≥65. Persentase ketuntasan prestasi belajar siswa pada ujian tengah semester ganjil TP. 2015/2016 yaitu 37,5% dari 16 siswa. Peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklusnya. Alat pengumpul data adalah dengan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dari siklus ke siklus. Peningkatan aktivitas klasikal siswa pada siklus I rata-rata sebesar 58,56 dengan persentase jumlah siswa aktif 37,50% (kurang aktif), dan pada siklus II rata-rata sebesar 72,19 dengan persentase jumlah siswa aktif 81,25% (sangat aktif). Sementara ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% dengan nilai rata-rata 70,25 dan pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 81,00. Kata kunci : Aktivitas, pembelajaran kooperatif tipe STAD, prestasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 54856910 . Digilib
Date Deposited: 29 Apr 2016 09:08
Terakhir diubah: 29 Apr 2016 09:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22095

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir