APRILIA RAHMAWATI , 1114131012 (2016) RESPON PETANI TERHADAP PELAYANAN KREDIT UMUM PEDESAAN RAKYAT (KUPRA) SEBAGAI PENGGANTI KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) UNIT PUTRA RUMBIA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1357Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1206Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis : (1) respon petani terhadap pelayanan Kredit Umum Pedesaan Rakyat (KUPRA) sebagai pengganti Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada BRI Unit Putra Rumbia, (2) hubungan antara kualitas pelayanan kredit KUPRA dengan respon petani nasabah KUPRA, (3) penyebab tingginya non performing loan yang merupakan salah satu alasan dihapuskannya program KUR, (4) solusi alternatif terbaik bagi petani sebagai nasabah kredit mikro untuk pembiayaan modal usaha tani di Putra Rumbia. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode proportional stratified random sampling.. Responden dalam penelitian ini berjumlah 65 orang yang terdiri dari enam petani nasabah KUPRA, 47 petani nasabah KUR, dan 12 petani nasabah KUR-KUPRA. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif, tabulasi, Rank Spearman, dan analytical hierarchy process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) respon petani terhadap pelayanan kredit BRI Unit Putra Rumbia termasuk dalam kategori cukup, (2) kualitas pelayanan KUPRA berhubungan dengan respon petani terhadap pelayanan KUPRA, semakin baik pelayanan yang diberikan oleh BRI maka respon petani akan semakin baik, dan semakin buruk pelayanan yang diberikan oleh BRI maka respon petani akan semakin buruk (3) terdapat dua faktor penyebab tingginya Non Performing Loan (NPL) yaitu faktor internal perbankan dan faktor eksternal, faktor internal berhubungan dengan SDM yang ada di dalam bank dan fakor eksternal berhubungan dengan debitur dan kondisi lainnya (4) alternatif pilihan kredit terbaik bagi petani sebagai pembiayaan modal usaha taninya yaitu dengan menggunakan kredit mikro BRI Putra Rumbia. Kata Kunci : BRI, Kualitas pelayanan, KUPRA, KUR, Respon Petani ABSTRACT This research aims to analyze: (1) the farmers’ response to service of General Credit (KUPRA) as replacement of Business Credit (KUR) on BRI Putra Rumbia Subdistrict (2) the relationship between service quality of BRI and farmers’ response , (3) the cause of high non performing loan which is one of the reason KUR abolished, (4) the best solution for farmers in taking business credit in Putra Rumbia District. This research was conducted on July to August in the Putra Rumbia District, Central Lampung Regency. The samples was taken by proportionalstratified random sampling which amounted to 65 peoples consisting six farmers of KUPRA member, 47 farmers of KUR member and 12 farmers of KUR-KUPRA member which taken randomly. Data were analyzed using Rank Spearman and the Analytical Hierarchy Process (AHP). The results showed that (1) the response of farmers to service of BRI Putra Rumbia District was in the enough category, (2) quality of service associated with the farmers’ response, (3) there were two factors which cause the high of non performing loan , they were internal factors and external factors. Internal factor related with human resources in BRI, while external factor related with debitur condition and natural disaster, (4) the best credit alternative for farmers was by using a credit in BRI Putra Rumbia District. Keywords: BRI, Farmers’ response, KUPRA, KUR, Quality of service
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HJ Public Finance > Pertanian ( Umum ) |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis |
Pengguna Deposit: | 31938425 . Digilib |
Date Deposited: | 04 May 2016 02:15 |
Terakhir diubah: | 04 May 2016 02:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22115 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |