PENERAPAN TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR

Ul Yuni, 1213053116 (2016) PENERAPAN TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2710Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1738Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe course review horay. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I adalah 66,00 dengan kategori aktif dan siklus II menjadi 74,00 dengan kategori aktif, terjadi peningkatan sebesar 8. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I adalah 60,00% dengan kategori cukup dan siklus II menjadi 84,00% dengan kategori sangat aktif, terjadi peningkatan sebesar 24,00%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 67,98 dengan kategori baik dan siklus II menjadi 72,12 dengan kategori baik, terjadi peningkatan sebesar 4,14. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 68,00% dengan kategori baik dan siklus II menjadi 88,00% dengan kategori sangat baik, terjadi peningkatan sebesar 20,00%. Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning, hasil belajar, course review horay.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 64373880 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2016 08:22
Terakhir diubah: 25 May 2016 08:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir