MENTARI, 1213053070 (2016) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JURANG UBUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2904Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2270Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Jurang Ubung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model active learning tipe card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model active learning tipe card sort mudah diterapkan oleh guru, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai kinerja guru. Nilai kinerja guru siklus I dengan kategori baik dan siklus II dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model active learning tipe card sort pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari persentase aktivitas belajar siswa, siklus I dengan kategori aktif dan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat aktif. Nilai hasil belajar siswa siklus I dengan kategori baik dan siklus II dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebanyak 16 orang siswa dengan kategori baik dan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa dengan kategori sangat baik. Kata kunci: active learning, card sort, aktivitas, hasil belajar, matematika
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 84035024 . Digilib |
Date Deposited: | 25 May 2016 07:55 |
Terakhir diubah: | 25 May 2016 07:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22290 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |