PENGARUH KUALITAS CAHAYA DAN LAMA PENYINARAN TERHADAP PERTUMBUHAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merill) DI PT. GREAT GIANT PINEAPPLE (GGP)

KASMITA NOVIYANA , (1217021036) (2016) PENGARUH KUALITAS CAHAYA DAN LAMA PENYINARAN TERHADAP PERTUMBUHAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merill) DI PT. GREAT GIANT PINEAPPLE (GGP). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1866Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1623Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Mengingat manfaat dari buah nanas yang banyak dan nilai jual dari nanas ini cukup tinggi maka buah nanas (Ananas comosus) merupakan salah satu tanaman yang banyak diusahakan oleh petani di Indonesia, terutama di daerah Sumatera seperti PT. GGP (Great Giant Pineapple). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas cahaya merah dan biru serta lama penyinaran (12jam,18jam dan 24jam) terhadap pertumbuhan nanas (A. comosus) dan untuk mengetahui pengaruh kualitas cahaya merah dan biru serta lama penyinaran yang berperan paling efektif terhadap pertumbuhan nanas (A. comosus). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Germinasi PT. Great Giant Pineapple (GGP) pada November-Desember 2015 dilaksanakan dalam percobaan factorial 3x3. Faktor A adalah kualitas cahaya (cahaya biru, merah dan kontrol). Faktor B adalah Lama penyinaran (12jam, 18jam dan 24 jam). Data dianalisis ragam pada taraf nyata 5%, jika interaksi tidak signifikan maka main effect ditentukan dengan uji BNT . Jika interaksi antara faktor A dan faktor B nyata maka dilanjutkan dengan penentuan simple effect faktor A dengan uji F pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas cahaya baik merah ataupun biru meningkatkan secara nyata terhadap lebar daun nanas sebesar 41,02%. Lama penyinaran 24jam meningkatkan tinggi tanaman sebesar 26,63%, dan lebar daun sebesar 22,71%. Interaksi antara biru dengan lama penyinaran 24jam serta interaksi merah dengan lama penyinaran 24jam meningkatkan secara nyata berat segar nanas (A.comosus) dan kandungan klorofil nanas (A.comosus). Kata Kunci : Nanas (A. comosus), Cahaya Merah, Cahaya Biru, Lama penyinaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
> Budidaya tanaman
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 95976595 . Digilib
Date Deposited: 28 May 2016 04:07
Terakhir diubah: 28 May 2016 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22308

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir