ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR (Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat)

NYIMAS RINA DESTI ARIFIN, (1116031117) (2016) ANALISIS KONSEP KOMUNIKASI PADA METODE MENGAJAR OLEH PENGAJAR MUDA DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR (Studi pada Pengajar Muda Angkatan IX Kabupaten Tulang Bawang Barat). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (437Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Kantor penempatan dan penyebaran guru dunia menyatakan bahwa 66% sekolah dasar di pedesaan kekurangan guru sedangkan guru merupakan faktor penunjang bagi majunya pendidikan. Pendidikan dan komunikasi memiliki kaitan yang sangat erat, segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan tidak akan dapat berjalan tanpa adanya komunikasi. Dalam pendidikan, komunikasi memegang peranan dalam pemantapan pembelajaran dan perilaku yang diharapkan, hubungan antara pengajar dengan pelajar, dan penyampaian instruksi, termasuk di dalamnya bertanya, dan pemberian feedback bagi individu. Tidak ada perilaku pendidikan yang tidak dilahirkan oleh komunikasi. Komunikasi menjadi bagian yang penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan di sekolah dasar. Indonesia Mengajar atau yang biasa disingkat dengan IM merupakan sebuah lembaga nirlaba yang merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai Pengajar Muda (PM) di Sekolah Dasar (SD) dan masyarakat selama satu tahun. Indonesia Mengajar bertugas mendidik siswa Sekolah Dasar dengan menggunakan metodemetode mengajar kreatif sebagai media penyampaian pesan. Metode-metode mengajar tersebut menggunakan beragam komunikasi seperti komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi informatif, komunikasi instruksional dan komunikasi persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep komunikasi pada metode mengajar yang diterapkan oleh Pengajar Muda Angkatan IX. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi riset dan studi kepustakaan . Dengan teknikanalisis data yang menggunakan tahap reduksi, display (penyajian data), dan verifikasi data Hasil dari penelitian ini adalah konsep komunikasi yang digunakan dalam metode mengajar oleh Pengajar Muda Angkatan IX adalah komunikasi kelompok, komunikasi antar pribadi, komunikasi informatif, komunikasi instruksional dan komunikasi persuasif. Saluran dalam komunikasi kelompok yang digunakan pada metode-metode mengajar merupakan saluran all chanel di mana semua anggota dapat menjadi penerima atau penyebar pesan. Pengajar Muda Angkatan IX diharapkan dapat mengembangkan metodemetode mengajar lain agar anak-anak dapat lebih berkembang dan lebih menyenangi pelajaran dengan metode yang digunakan. Hal ini juga diperlukan untuk meningkatkan minat minat belajar siswa-siswi sekolah dasar agar tidak malas belajar. Serta komunikasi yang digunakan dapat lebih beragam agar informasi yang disampaikan akan lebih mudah diterima. Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Persuasif, Komunikasi Instruksional, Komunikasi Informatif, Indonesia Mengajar ABSTRACT Teacher Employment and Deployment of World Bank stated that 66% of elementary schools in rural areas lacked of teachers despite of a fact that teachers are supporting factors for education advancement. Education and communication have a very close relationship where everything related to education cannot run without communication. In education, communication has an important role in learning improvement and expected behaviors, relationships between teachers and students, delivering instructions, including asking questions and providing feedbacks for individuals. There is no education behavior which is not resulted from communication. Communication is an important part in education world, especially in elementary school education. Indonesia Teaching is a non-government organization which recruits, trains, and sends best youngsters to varying regions in Indonesia to serve as young teachers in elementary schools and public for one year. Indonesia Teaching serves to educate elementary school students by using creative methods as message delivery media. These teaching methods use varying communication such as interpersonal communication, group communication, informative communication, instructional communication, and persuasive communication. This was a descriptive qualitative research. This research focused on how communication concept in teaching method was applied by Young Teachers Cycle IX. This research used primary and secondary data which were collected with interviews, observations and literary study. Data were analyzed with data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that communication concepts applied in teaching method by Young Teachers Cycle IX were group communication, interpersonal communication, informative communication, instructional communication and persuasive communication. Channels in group communication used by these teaching methods were all channels were all group members could be message receivers and message distributors. The Young Teachers Cycle IX are expected to be able to develop other teaching methods so that students can develop and be more favoring lessons with used methods. These are needed to improve elementary school students’ interests so that they are not reluctant to learn. Communication which is used should be more varying so that delivered information can be easier to accept. Keywords : group communication, interpersonal communication, persuasive communication, instructional communication, informative communication, Indonesia Teaching

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
>

> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 10676048 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:27
Terakhir diubah: 13 Jun 2016 03:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22319

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir