PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAHREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2015/2016

MEVA DARMAWAN, 1213053071 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAHREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1768Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1546Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPA siswa. Pembelajaran IPA masih berpusat pada guru. Aktivitas belajar siswa masih terpaku pada kegiatan mencatat, menghafal informasi dan mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5,786) lebih besar dari ttabel yaitu (1,996). Nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model inkuiri pada kelas eksperimen (VA) yaitu 78,03 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol (VB) yang hanya mendapat nilai 60,69. Nilai N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen adalah 0,597, lebih tinggi dibanding nilai N-Gain kelas kontrol yaitu 0,290. Kata Kunci: prestasi belajar, model inkuiri, IPA. ABSTRACT The problem in this research was about student learning achievement of IPA that still low. Learning of IPA still centered on teacher. Student learning activites still fixated on the noted, memorized about information and did tasks. The purpose of this research was to determine the effect of inquiry model to the student learning achievement of IPA. The method that used in this research was quasiexperimental with nonequivalent control group design. Population of this research were 69 students in V grade of SD Negeri 2 Tambahrejo. Collecting data used test. Data analysis used independent sample t test. The results of data analysis concluded that there was an effect of the use of inquiry model to the V grade student learning achievement of SD Negeri 2 Tambahrejo. It was indicated by the score of tcount (5,786) greater than score of ttable (1,996). Average score of the student learning achievement who took inquiry learning in the experimental class (VA) that was 78.03 higher than the average score of student achievement that followed the lecture teaching methods in the control class (VB) which only got 60.69. N-Gain score of experimental class was 0,597 greater than N-Gain score of control class that was 0.290. Keywords: learning achievement, inquiry model, IPA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 73392805 . Digilib
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:56
Terakhir diubah: 01 Jun 2016 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22333

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir