PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

YENI SAFITRI, 1213053123 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2542Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2149Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur efektivitas penerapan metode problem solving adalah angket, dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa adalah soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji statistik t-test separated varians dengan program Microsoft Office Excel 2007. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,115 > ttabel = 2,021 (dengan α = 0,05). Artinya, ada pengaruh signifikan penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: problem solving, hasil belajar, matematika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 10638448 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:05
Terakhir diubah: 02 Jun 2016 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22340

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir