STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ZULISTYA ANNISA , 1213031099 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3764Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL dengan memerhatikan kecerdasan adversitas. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Agung pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 280 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Ekonomi melalui model pembelajaran PBL dan PjBL; (2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PjBL bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah; (3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi; (4) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PjBL bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas sedang; (5) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Kata kunci: Hasil belajar, Kecerdasan Adversitas, Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 48829878 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:33
Terakhir diubah: 09 Jun 2016 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir