PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

ANDAYU FITRI TALISNA, 1213023004 (2016) PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2373Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1643Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan dan kepraktisan modelpembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X2 dan X13. Keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur ber¬dasar¬kan peningkatkan ke-mampu¬an metakognisi, keterampilan proses sains, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Kemampuan metakognisi ditunjukkan dangan skor responden pada angket dan keterampilan proses sanis diukur melalui nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki keefektivan yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan keterampilan proses sains. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan metakognisi terjadi peningkatan di akhir pembelajaran dengan kategori sangat tinggi, dan keterampilan proses sains memiliki kriteria sedang, aktivitas siswa memiliki kriteria sangat tinggi, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan keterampilan proses sains. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP memiliki kriteria sangat tinggi dan respon siswa memiliki kriteriasangat tinggi. Kata kunci : keefektivan, kepraktisan, metakognisi, proses sains, SiMaYang Tipe II.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 25704090 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:49
Terakhir diubah: 15 Jun 2016 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22450

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir