PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE SEARCH ENGINE DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung)

CHRIST VIOLITA ARIYANTI , (1116031027) (2016) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE SEARCH ENGINE DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIAA.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1305Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1746Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Internet adalah salah satu hasil perkembangan teknologi informasi yang muncul seiring berkembangnya ICT (Information and Communication Technology) yang saat ini telah banyak digunakan oleh information seeker dalam upaya pemenuhan kebutuhan informasi. Menurut Wersig, kebutuhan informasi muncul karena adanya problematic situation (situasi yang penuh masalah) dimana seseorang merasa harus memperoleh masukan dari sumbersumber lain di luar dirinya. Wilson membagi kebutuhan informasi seseorang ke dalam tiga konteks, yaitu: kebutuhan terkait dengan lingkungan seseorang (person’s environment), kebutuhan terkait dengan peran sosial yang disandang (social roles) dan kebutuhan terkait dengan karakteristik personal (individual characteristics). Kecenderungan masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet salah satunya sebagai sumber informasi didasari adanya kebutuhan akan suatu informasi tertentu yang ingin dipenuhi. Informasi yang tadinya sulit diperoleh saat ini bukanlah hal yang sulit lagi, dengan memanfaatkan fasilitas search engine pengguna internet dimudahkan untuk mencari informasi hanya dengan mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu. Google merupakan satu dari beragam search engine yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs (www.statsmonkey.com) pada tahun 2014, menunjukkan bahwa di Indonesia penggunaan Google search engine berada pada peringkat pertama dengan presentase penggunaan sekitar (95%), diikuti Yahoo! (2,44%), Ask Jeeves (1,13%), Bing (0,74%) dan search engine lainnya (0,69%). Fokus penelitian ini adalah penggunaan Google search engine dan pengaruhnya dalam pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner, populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung sebanyak 4281 orang dengan sampel 98 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (0,00) lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai signifikansi dalam penelitian (0,1), yang berarti bahwa penggunaan Google search engine memiliki pengaruh dalam pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa Program Studi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Kata kunci: situs penelusur, Google, kebutuhan informasi abstract Internet is one of the outgrowths of development of information technology that appears along with the development of ICT (Information and Communication Technology) which is currently used by information seeker in the effort to fulfilling information needs. According to Wersig, information needs appears due to the problematic situation (situation is full of the problem) where someone felt must receive input from other sources outside of himself. Wilson divide person's information needs into three contexts, that is: the information needs of the environment associated with someone (person's environment), information needs related to the social role that carried (social roles) and information needs related to personal characteristics (individual characteristics). The tendency of Indonesian people in using internet as a source of information based on the needs for certain information that you want to be filled. Information that had been difficult to get when it was difficult to take, by using search engine internet users more easily to search for information just by typing the keyword. Google is one of the various types of search engines are the most used in Indonesia. Based on data obtained from the website (www.statsmonkey.com) in 2014, showed that in Indonesia the use of Google search engine is in the first rank by percentage of use of approximately (95%), followed by Yahoo! (2.44%), Ask Jeeves (1.13%), Bing (0.74%) and other search engine (0.69%). The focus of this research is the use of Google search engine and the influence in fulfilling the information needs among undergraduate students of the Faculty of Economics and Business, Lampung University. Type of this research is descriptive quantitative using survey method and questionnaires design, population of this research is the undergraduate student of the Faculty of Economics and business Lampung University amount 4281 students with 98 samples of respondents. The results showed that the value of the Asymp. Sig. (0.00) infection rate was smaller if compared with the value of the significance in this research (0.1), which means that there is an influenced of the use of Google search engine towards the fulfillment of information needs among students of Undergraduate Course Students of The Faculty of Economics and Business, Lampung University. Keywords: search engine, Google, information needs

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
> Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 59019192 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:50
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 04:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir